Rabu, 26 Juni 2013

Penipuan Jual Beli Hewan

Posted by PYSSA 4D On 20.05 | No comments
Penipuan Jual Beli Hewan







          Belanja online kini merupakan hal yang sudah biasa, banyak yang sukses melalui bisnis ini. Mereka yang menggelutinya bukan hanya pemain besar, tetapi juga orang-orang biasa yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan. Jadi, wajar saja bila cara pembayaran pun sangat beragam, mulai dari cara paling konvensional, seperti bayar di tempat sampai proses transfer melalui sistem perbankan.

          Namun, jika tidak hati-hati Anda bisa saja menjadi korban penipuan karena meskipun sudah dirancang sedemikian rupa, portal jual beli online tetap saja dimanfaatkan penipu untuk memangsa korbannya.


          Berikut adalah contoh kasus yang dikutip dari www.reptilx.com, situs yang dibentuk untuk saling bertukar pikiran terhadap sesama pencinta hewan reptil dan sebagai wadah jual beli hewan reptil.

          Pada tanggal 7 Oktober 2010, seorang member dengan user id junichiro (Jakarta) mengadukan sebuah keluhan dalam bentuk thread tentang kura-kura darat jenis indian star yang dibelinya dari seorang member dengan user id DJ TYCOON (Surabaya). Isi keluhannya adalah tentang kura-kura yang dipesannya mati membusuk setelah dibuka dari packing pengiriman.

          Kronologisnya, pembeli melihat sebuah iklan tentang penjualan kura-kura tersebut. Disebutkan bahwa kura-kura tersebut sehat tanpa cacat sehingga menarik minat si pembeli. Setelah terjadi tawar menawar, harga ditetapkan sebesar Rp. 2.550.000,-. Pembeli kemudian mentransfer uang dan selanjutnya menunggu kura-kura yang dipesannya tiba di tempat lewat sebuah agen pengiriman . Sesuai yang dijanjikan, barang tiba setelah dua hari dirumah si pembeli. Alangkah terkejutnya si pembeli ketika ia membuka paket dan menemukan kura-kura yang dipesannya sudah mati, bahkan membusuk dan membengkak. Pembeli kini menjadi korban.


          Apakah ini sebuah penipuan? Mengapa kesalahan tidak dilimpahkan kepada perusahaan pengiriman, yang mungkin saja tidak memperlakukan paket ini secara baik?

          Beberapa saat setelah thread dibuat, member lain berkumpul di dalam thread yang dibuat oleh korban. Mereka melakukan diskusi mengenai kasus ini. Hasilnya, mereka menarik kesimpulan bahwa ini adalah kecurangan si penjual. Kura-kura yang dikirim tersebut memang sudah mati ketika dikirim. Alasannya adalah bahwa bukti packing pengiriman yang tidak rusak. Bila kura-kura ini mati dalam perjalanan karena perlakuan yang kurang baik dari kurir pengiriman, benturan atau ditumpuk berlebihan misalnya, wadah bagian dalam mungkin akan terlihat rusak. Selain itu, kura-kura yang mati memerlukan waktu lebih dari dua hari untuk membusuk apalagi membengkak. Disamping itu, member lain ada yang berkomentar bahwa kura-kura dengan jenis tersebut, bahkan dengan ukuran yang lebih kecil, bisa bertahan selama lima hari didalam paket pengiriman. Jadi, kalaupun kura-kura ini belum mati ketika dikirim, itu artinya kura-kura ini tidak sehat. Tidak sesuai dengan yang disebutkan oleh penjual bahwa kura-kura ini dalam kondisi sehat.

          Akhirnya, pembeli meminta tanggung jawab kepada penjual. Penjual tidak ingin bertanggung jawab dan bersikeras bahwa kura-kura itu tidak mati dan dalam keadaan sehat ketika dikirim. Kemudian, penjual memutuskan komunikasi dengan si pembeli dan terkesan kabur tanpa jejak. DJ TYCOON kemudian di-banned dari situs tersebut.

Pasal terkait
          Pasal 28 ayat 1
          “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik”
          Ancaman pidana dari pasal tersebut adalah penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Pasal 45 ayat 2 UU ITE).

Tips
§  Kenali Si Penjual
          Tidak ada salahnya mencari tahu siapa si penjual tersebut, apakah dia memang dikenal sebagai penjual profesional atau tidak. Mulailah dengan mencari tahu hubungan si penjual dengan member lain, adakah kepuasan dari member lain tentang barang dagangannya. Meng-copy user id, nomor telepon dan nomor rekening lalu cari dengan menggunakan search engine. Jika beruntung, anda akan menemukan semua itu di situs lain, artinya ia memang berniat untuk berdagang.

§  Jeli dalam menilai barang
          Cermati dengan baik barang yang ingin anda beli, hindari penyesalan di kemudian hari. Jangan mudah tergoda dengan harga miring dan gambar yang menarik. Gambar bisa saja diambil dari sumber lain.

§  Cash on Delivery (COD)
          Inilah cara yang paling manjur, bertemu langsung dengan si penjual di suatu tempat. Dengan cara ini, kita bisa menilai secara detil bibit-bebet-bobot suatu barang yang ingin kita beli. Tawar menawar yang terjadi juga lebih jelas, kemungkinan harga diturunkan juga lebih besar.

          Mudahnya membuat account pada suatu forum, mengakibatkan kecenderungan si pembuat kurang bertanggung jawab dalam penggunaanya. Perlu adanya suatu sistem yang sekiranya dapat mencegah para pemilik account untuk tetap berada dijalan yang benar. Misalnya, adanya keterkaitan antara account yang dibuat dengan data kependudukan pemilik account itu sendiri, sehingga bila terjadi kecurangan akan dapat diketahui siapa dibalik semua ini, mengingat hampir semua account menggunakan nama samaran yang tidak jelas.


Referensi :




Pembaca

Nama : YULIANTO

NIM : 12117887


Kelas : 12.4D.07

0 komentar:

Posting Komentar

View All

Country View

Flag Counter